Back To Top

Media Informasi Guru, Sarana perangkat Pembelajaran, Aplikasi Excel

Sabtu, 17 November 2018

Contoh Cerita Anekdot Lucu Beserta Pengertiannya

Contoh Cerita Anekdot Lucu Beserta Pengertiannya – Anekdote merupakan cerita yang mengandung kisah jenaka. Menurut KBBI, anekdote merupakan kisah jenaka/lucu yang menarik dan mengesankan. Anekdot dapat menceritaan kisah/kejadian yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Cerita yang disampaikan cukup singkat dan penuh makna. Dalam cerita jenaka tersebut, dapat tersimpan maksud untuk menghibur atau dapat pula untuk menyindir seseorang. 

Tujuan Anekdot


Teks anekdot memiliki tujuan sebagai berikut:

- Menghibur. Ciri khas teks anekdote ialah menceritakan peristiwa-peristiwa lucu yang dapat membangkitkan tawa dan bertujuan untuk menghibur pemirsa. 
- Menyampaikan makna/Nasehat melalui candaan. Meski anekdote merupakan kisah jenaka namun banyak juga digunakan untuk menyampaikan nasehat atau sindiran kepada seseorang melalui kisah jenaka tersebut.

2 Contoh Cerita Anekdot Lucu 


[Contoh 1] Ada Fiesta?

Suatu sore hari, adik menangis ingin makan pakai Nugget Fiesta kesukaannya. Namun, ketika Ibu akan menggorengkan nugget, ternyata persediaannya telah habis. Lantas, Ibu menyuruhku untuk membeli beberapa nugget Fiesta di Alfamart depan simpang rumah. Saya pun memenuhi perintah Ibu membeli nugget Fiesta di Alfamart tersebut. Sesampainya di sana Saya langsung masuk, Saya disambut karyawan Alfamart dengan ramah. Saya langsung mencari nugget Fiesta, namun Saya tak kunjung menemukannya. Sehingga Saya pun menanyakan kepada petugas Alfamart di kasir,

Saya : Mas, Ada Fiesta?
Petugas : Fiesta? Oh ada. Kakak mau rasa apa Fiesta-nya?
Saya : Sekarang Fiesta ada sensasi rasa?
Petugas : Ada kakak, sekarang Fiesta tersedia dalam berbagai varian rasa. Biar gak bosen, wanginya beraneka macam, dan pasti tetap nyaman. Mau rasa apa? Strawberry, Vanila, chocolate, dan lain-lain.
Saya : Mas, Saya mau beli Fiesta Chicken Nugget. -__-
Petugas : Oh, maaf kakak. Saya kira Kakak mau beli Fiesta yang lain :D. Kebetulan Fiesta Chicken nugget persediaan kami sedang kosong kakak. 
Saya : Yaelah... Yasudah, Terima kasih Mas. 

[Contoh 2] Kena Tilang

Akhirya Tono mendapatkan skuter matiknya. Sudah lama ia meminta kepada ayahnya untuk dibelikan motor matik agar tidak telat ke sekolah. Tono pun tancap gas menuju sekolahnya. Perjalanan ke sekolah hari itu terasa amat menyenangkan, bibirnya pun tak berhenti tersenyum. Namun ketika di perjalanan, terjadi insiden yang tidak diharapkan, Tono dikejar polisi dan dipaksa untuk menghentikan perjalanannya. Tono pun mengarahkan motornya ke bahu jalan.

Polisi : Selamat siang dik?
Tono : Siang Pak, Salah saya apa Pak? 
Polisi : Adik tahu, tadi arti lampu merah???
Tono : Iiiya, tahu pak.  lampu merah artinya berhenti pak. 
Polisi : Lantas kenapa Adik menerobos jalan saat lampu merah???
Tono : Maaf pak,Saya gak liat kalu dibelakang saya ada bapak, hehhee.
Polisi : Kamu ini. Coba tunjukkan SIM, KTP, dan STNK!
Tono : (mengeluarkan dokumen-dokumen dari dalam dompetnya). Ini Pak.
Polisi : (mengecek dokumen yang diberikan Tono). Mana SIM – nya???
Tono : Pak, ini SIM saya satu-satunya. Bisa kacau kalau Saya berikan ke Bapak.
Polisi : Saya tidak peduli, cepat keluarkan SIM nya!
Tono : iiiya Pak, tunggu sebentar. (membuka jok motornya untuk mengambil SIM). Ini Pak, SIM saya. 
Polisi : (Melihat, mengamati, dan mencermati SIM yang diberikan Tono). Apa ini?
Tono : Bapak tadi minta Saya mengeluarkan SIM saya kan pak? iya ini SIM saya satu-satunya pak.
Polisi : Kamu mau membodohi Saya ya? SIM itu Surat Ijim Mengemudi bukan Subscriber Identity Member alias kartu SIM.
Tono : Ohh gitu, seharusnya Bapak memberitahu Saya dari awal kalau SIM yang Bapak maksud adalah Surat Ijin mengemudi, bukan SIM kartu HP Pak. Ah Bapak Kan jadi Mubazir energi saya terbuang begitu saja.
Polisi : Hey! kamu ngajarin Saya??? Mana SIM kamu, cepat keluarkan !
Tono : Hehe, iya pak maaf. Saya belum memiliki surat ijin mengemudi Pak?
Polisi : Lantas kenapa kamu berani mengemudikan kendaraan di jalan raya? Kamu tahukan rasanya ditilang?
Tono : Tilang pak??? aduh jangan dong pak, kita pakai cara damai sajalah pak.
Polisi : Kamu mau mencoba menyuap saya??? Berani-beraninya kau. (menulis keterangan ditilang diatas kertas berwarna meriah).Kamu saya tilang karena menerobos lampu merah dan tidak memiliki SIM, ini surat tilang motor kamu. Sampai bertemu dipengadilan.


Itu tadi adalah Contoh Cerita Anekdot Lucu Beserta Pengertiannya

baik Sekianlah artikel Contoh Cerita Anekdot Lucu Beserta Pengertiannya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Cerita Anekdot Lucu Beserta Pengertiannya dengan alamat link http://berkaskurikulum13.blogspot.com/2018/11/contoh-cerita-anekdot-lucu-beserta.html