Back To Top

Media Informasi Guru, Sarana perangkat Pembelajaran, Aplikasi Excel

Sabtu, 10 Februari 2018

Format Instrumen Monitoring Guru Sertifikasi TK RA PAUD

Contoh Format Instrumen Monitoring Guru Sertifikasi TK RA PAUD

Contoh Format Instrumen Monitoring Guru Sertifikasi TK RA PAUD

Contoh Format Instrumen Monitoring Guru Sertifikasi TK RA PAUD ini sekedar membantu para pelaku pendidikan anak usia dini (PAUD) TK dan RA utamanya kepala sekolah dan pihak yayasan dalam melakukan seleksi /penilaian terhadap kinerja guru / pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga menghasilkan anak didik yang berprestasi. Contoh ini menggunakan format ms word yang bisa di edit sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Sebagai contoh berikut ini:

Pelaksanaan kewajiban / beban kerja guru penerima tunjangan profesi, meliputi;

I. Pelaksanaan kewajiban / beban kerja guru

A. Jam Kerja dan Kegiatan Tatap Muka Guru

1. Memenuhi Jam Kerja 37,5 Jam kerja (@60menit) per minggu
2. Melaksanakan Kegiatan Tatap muka sekurang-kurangnya 24 Jam Tatap Muka per minggu.

B. Merencanakan Pembelajaran

1. Merencanakan pembelajaran diwujudkan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.
2. RPP dibuat sendiri oleh guru di awal tahun / semester sesuai dengan Rencana kerja sekolah/madrasah

C. Melaksanakan Pembelajaran

1. Melaksanakan Kegiatan awal tatap muka yang mencakup kegiatan pengecekan dan atau penyiapan fisik kelas, bahan pelajran, media, dll.
2. Melaksanakan kegiatan tatap muka face to face atau dengan menggunakan media lain sesuai dengan durasi waktu yang ada.
3. Membuat resume berupa catatan yang berkaitan dengan kegiatan tatap muka yang telah dilaksanakan

D. Menilai Hasil Pembelajaran

1. Melaksanakan penilaian dengan menggunakan tes tulis atau lisan
2. Melaksanakan penilaian dengan menggunakan non tes berupa pengamatan, pengukuran sikap dan penilaian hasil karya.

E. Membimbing dan Melatih Peserta didik

1. Melaksanakan bimbingan dan latihan pada kegiatan pembelajaran.
2. Melaksanakan bimbingan dan latihan pada kegiatan intrakuler
3. Melaksanakan bimbingan dan latihan pada kegiatan ekstrakuler

F. Melaksanakan Tugas Tambahan

1. Mendapat tugas tambahan / jabatan struktual dari sekolah/madrasah
2. Mendapat tugas tambahan / jabatan khusus dari sekolah/madrasah

II. Kelengkapan pengajaran yang dimiliki

A. Perangkat Pembelajaran

1. Memiliki kalender pendidikan dan Jadual Mengajar Tahun berjalan
2. Memiliki Program Tahunan dan Program Semester berjalan
3. Memiliki Silabus dan RPP mata pelajaran yang diampu
4. Memiliki Jurnal Mengajar mata pelajaran yang diampu
5. Memiliki Buku Penilaian mata pelajran yang diampu
6. Memiliki Buku pegangan guru sesuai mata pelajaran yang diampu
7. Memiliki kumpulan soal-soal yang relevan
8. Memiliki Program remidi dan pengayaan

B. Administrasi Siswa

1. Memiliki ebsensi siswa sesuai mata pelajaran yang diampu.
2. Memiliki data base perkembangan pencapaian prestasi / nilai siswa sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.

Rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) guru penerima tunjangan profesi, Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran (tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar)
a. Komponen peserta didik
b. Komponen perilaku hasil belajar (kata kerja operasional)
c. Subtansi tujuan dijabarkan dari indikator yang diturunkan dari kompetensi dasar
d. Tidak menimbulkan penafsiran ganda
e. Diurutkan dari kompetensi sederhana kekomplek

Materi ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik)
a. Sesuai dengan tujuan pembelajaran
b. Terkait dengan realita kehidupan / kontekstual
c. Sesuai karakteristik siswa (kemampuan berfikir siswa, realitas budaya setempat)

Pengorganisasian materi ajar (sistematika materi dan kesesuaian dengan alokasi waktu)
a. Sistimatis (hierakis atau prosedural)
b. Kedalaman dan kesesuaiannya sesuai potensi siswa
c. Alokasi waktu yang proposional

Pemilihan sumber / media pembelajaran
a. Sesuai dengan tujuan pembelajaran
b. Sesuai dengan materi pembelajaran
c. Sesuai karakteristik siswa (tingkat perkembangan kognitif , karakteristik afektif dan keterampilan motorik)

d. Ketersediaan media/sumber
Kejelasan skenario penjelasan
Rumusan langkah-langkah kegiatan pembelajaran pada :
a. Pendahuluan
b. Kegiatan inti
c. Kegiatan penutup

Kerincian skenario pembelajaran (setiap langkah tercermin strategi/metode dan alokasi waktu pada setiap tahap)
a. Merencanakan strategi/metode pada setiap langkah kegiatan
b. Alokasi waktu secara proposional setiap tahapan kegiatan
c. Adanya kegiatan guru dan kegiatan siswa

Kesesuaian teknik penilaian dengan tujuan pembelajaran
Sesuai karakteristik kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran,
meliputi :
a. Penilaian proses
b. Penilaian hasil
c. Tes tulis atau lisan untuk mengukur aspek kognitif
d. Observasi untuk mengukur aspek afektif atau psikomotor
e. Portofolio

Kelengkapan instrumen (soal, kunci, pedoman penskoran)
a. Naskah soal
b. Lembar pengamatan
c. Kunci jawaban
d. Pedoman penskoran
Pelaksanaan kegiatan pembelajaran guru penerima tunjangan profesi

I PRAPEMBELAJARAN
a. Memeriksa Kesiapan siswa
b. Melakukan kegiatan apersepsi
II KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
A. Penguasaan materi pelajaran
a. Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
b. Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
c. Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki belajar
d. Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
B. Pendekatan/strategi pembelajaran
a. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai
b. Melaksanakan pembelajaran secara runtut
c. Menguasai kelas
d. Melaksanakan pembelajaran yang kontekstual
e. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
f. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
C. Pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran
a. Menggunakan media secara efektif dan efisien
b. Menghasilkan pesan yang menarik
c. Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
D. Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa
a. Menumbuhkan partispasi aktif siswa dalam pembelajaran
b. Menumbuhkan sikap terbuka terhadap respon siswa
c. Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
E. Penilaian proses dan hasil belajar
a. Memantau kemajuan belajar selama proses
b. Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
F. Penggunaan bahasa
a. Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar
b. Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai

Demikian saja sekedar sedikit penjelasan dari Nom Ifrod tentang poin-poin Format Instrumen Monitoring Guru Sertifikasi TK RA PAUD, semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Selengkapnya silahkan anda unduh pada link dibawah ini:

Format Instrumen Monitoring Guru Sertifikasi TK RA PAUD


Itu tadi adalah Format Instrumen Monitoring Guru Sertifikasi TK RA PAUD

baik Sekianlah artikel Format Instrumen Monitoring Guru Sertifikasi TK RA PAUD kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Format Instrumen Monitoring Guru Sertifikasi TK RA PAUD dengan alamat link http://berkaskurikulum13.blogspot.com/2018/02/format-instrumen-monitoring-guru.html