Back To Top

Media Informasi Guru, Sarana perangkat Pembelajaran, Aplikasi Excel

Kamis, 07 Februari 2019

Download Master Aplikasi Visitasi Akreditasi SD/MI Terbaru

Download Master Aplikasi Visitasi Akreditasi SD/MI Terbaru

Pada kesempatan kali ini informasi sekolah akan berbagi file Download Master Aplikasi Visitasi Akreditasi SD/MI Terbaru yang akan dibagikan secara gratis. Laporan ini terdiri dari Laporan Individu dan Laporan Kelompok. Adapun fungsi dari Master Aplikasi Visitasi Akreditasi SD/MI Terbaru ini yaitu untuk mempermudah kepala sekolah, guru maupun tenaga administrasi sekolah atau operator sekolah dalam membuat laporan visitasi akreditasi, agar lebih jelas mari kita simak penjelasan berikut ini :

Laporan Individu (Asesor I dan Asesor II)
Download Master Aplikasi Visitasi Akreditasi SD/MI TerbaruDownload Master Aplikasi Visitasi Akreditasi SD/MI Terbaru

A.  Pendahuluan
Laporan visitasi individu menggunakan form A, yaitu untuk merekap hasil penilaian asesor secara individual berdasarkan instrumen dibandingkan kondisi riil di SD/MI. Form A disebut juga sebagai “Form laporan asesor secara individu”, karena digunakan untuk menyusun laporan hasil visitasi dan penilaian asesor secara individu sebelum dimusyawarahkan/kompromikan dengan asesor pasangannya.

B.Prosedur Pengisian Form A
Langkah-langkah pengisian Form A adalah sebagai berikut:
  1. Tuliskan hasil penilaian menurut sekolah/madrasah ke kolom 2 dengan menuliskan huruf A, B, C, D, atau E.
  2. Tuliskan hasil penilaian menurut asesor ke kolom 3 dengan menuliskan huruf, seperti point 1. 
Berilah catatan pada kolom 4, apabila ada perbedaan penilaian antara sekolah/madrasah dengan asesor.

Laporan Kelompok 
Download Master Aplikasi Visitasi Akreditasi SD/MI Terbaru

A. Pendahuluan
Laporan kelompok (laporan asesor I dan II secara bersama-sama) menggunakan form B. Skor yang diperoleh bukan rata-rata skor asesor I dan asesor II, tetapi merupakan hasil kesepakatan asesor I dan II, setelah mempertimbangkan kondisi riil dan bukti yang ada di sekolah/madrasah. Setiap skor butir hendaknya benar-benar merupakan hasil kesepakatan berdasarkan musyawarah dan pemahaman bersama antara asesor I dan II terhadap kondiri riil dan bukti yang ada. 

B. Prosedur Pengisian Form B 
Langkah-langkah pengisian Form B adalah sebagai berikut:
  1. Tuliskan hasil penilaian (skor butir) menurut Kesepakatan asesor I dan II ke dalam kolom 3 dalam bentuk huruf (A, B, C, D, atau E)
  2. Konversikan huruf yang telah dituliskan di kolom 3 ke kolom 4 dalam bentuk angka dengan ketentuan huruf A = 4; B = 3; C = 2; D = 1, dan E = 0.  
  3. Kalikan nilai Bobot Butir yang terdapat pada kolom 2 dengan skor butir yang ada pada kolom 4, dan hasilnya dimasukkan ke dalam kolom 5. Hasil perkalian ini disebut Skor Tertimbang Perolehan. 
  4. Jumlahkan Skor Tertimbang Perolehan untuk setiap standar secara vertikal dan tuliskan hasilnya pada (kolom 5) baris terakhir tiap komponen form B. Skor hasil penjumlahan ini disebut dengan Jumlah Skor Tertimbang Perolehan. 
  5. Lakukan penilaian untuk standar yang lain dengan cara yang sama, seperti pada langkah 1 hingga langkah 4.

C. Perhitungan Nilai Komponen Akreditas dan Nilai Akhir Akreditas ( Form C )
Nilai komponen akreditasi dan nilai akhir akreditasi menggunakan form C, yang dipakai untuk merekap seluruh hasil pengisian Form B. Penghitungan dilakukan secara bersama-sama antara asesor I dan II. Penghitungan hendaknya dilakukan secara cermat, hati-hati, dan dilakukan pengecekan ulang, sehingga tidak terjadi kesalahan yang merugikan pihak mana pun. Form C inilah yang menjadi pangkal penghitungan perolehan nilai komponen akreditasi maupun nilai akhir akreditasi. Apabila proses penghitungan Form C ini tidak tepat, maka akan menyebabkan kesalahan yang sangat serius.   

Langkah-langkah pengisian Form C adalah sebagai berikut:
  1. Pindahkan atau masukan seluruh Jumlah Skor Tertimbang Perolehan tiap-tiap standar yang ada pada lembar penilaian form B ke dalam kolom 5.
  2. Hitunglah Nilai Komponen Akreditasi untuk setiap komponen akreditasi dengan cara:  Jumlah Skor Tertimbang Perolehan (kolom 5) dibagi dengan Jumlah Skor Tertimbang Maksimum (kolom 4) kemudian dikalikan dengan Bobot Komponen (kolom 3). Hasil perhitungan ini dimasukan pada kolom Nilai Komponen Akreditasi (kolom 6).
  3. Hitunglah Nilai Komponen Akreditasi Skala Ratusan untuk setiap komponen dihitung dengan cara: Nilai Komponen  Akreditasi (kolom 6) dibagi dengan Bobot Komponen (kolom 3) kemudian dikalikan dengan 100 (seratus). Hasil perhitungan ini dimasukkan pada kolom Nilai Komponen Akreditasi Skala Ratusan (kolom 7).
  4. Pilihlah status akreditasi dan peringkat akreditasinya.
Download Master Aplikasi Visitasi Akreditasi SD/MI Terbaru

Selanjutnya, jumlahkan seluruh nilai komponen akreditasi sehingga diperoleh nilai akhir akreditasi. Nilai akhir akreditasi tersebut kemudian dibulatkan. 

Download Master Aplikasi Visitasi Akreditasi SD/MI Terbaru

D. Pengisian Saran dan Rekomendasi untuk SD/MI
Pengisian saran dan rekomendasi untuk SD/MI menggunakan Form D. Saran dan rekomendasi didasarkan pada hasil penilaian asesor terhadap sekolah/madrasah yang diakreditasi.
sumber : BAP Provinsi Jawa Barat



Itu tadi adalah Download Master Aplikasi Visitasi Akreditasi SD/MI Terbaru

baik Sekianlah artikel Download Master Aplikasi Visitasi Akreditasi SD/MI Terbaru kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Download Master Aplikasi Visitasi Akreditasi SD/MI Terbaru dengan alamat link http://berkaskurikulum13.blogspot.com/2019/02/download-master-aplikasi-visitasi.html